my beloved friends

my beloved friends
hhaha

Rabu, 06 April 2011

Mencegah Virus menyusup ke laptop kita :))

Bismillahirrahmaanirrahiim..
Sesuai janji saya, kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips yang kiranya bisa di terapkan agar pc/laptop kita tidak mudah tertular virus dari computer lain. Berikut ini langkah-langkah sederhananya:
1. Berdo’a kepada Allah SWT, agar data yang kita masukkan ke pc/laptop kita tidak terjangkiti oleh virus. (ini serius Lho! Bukan main-main.)

2. MATIKAN AUTORUN DARI FLASHDISK/CD ROOM ANDA, caranya bisa dengan menonaktifkan melalui group policy(gpedit.msc): ->Klik menu [Start] -> Klik [Run] -> Ketik GPEDIT.MSC pada kolom “RUN” -> Setelah muncul layar “Group Policy” -> klik folder “COMPUTER CONFIGURATION” lalu -> klik folder “ADMINISTRATIVE TEMPLATES” lalu -> klik folder “SYSTEM” setelah itu perhatikan pada kolom settings (di sebelah kanan) -> cari “TURN OFF AUTOPLAY” lalu double klik item tersebut. Setelah muncul kotak dialog, -> ganti pilihan di menu “SETTING” dari “NOT CONFIGURED” ke “ENABLE” dan Turn Off Auto Play pilih All Drive. -> Lakukan hal yang sama pada “USER CONFIGURATION”.

3. Dalam mematikan auto run bisa juga melalui software Tweak UI, pemakai Windows XP dapat mengunduh Tweak UI, yang merupakan salah satu utilitas Microsoft Power Toys dari http://www.microsoft.com/windowsxp/downloads/powertoys/xppowertoys.mspx Klik berkas TweakUIPowerToySetup untuk memasang utilitas tersebut. Setelah selesai luncurkan Tweak UI. Di panel sebelah kiri jendela aplikasi ini pilih My Computer, lalu pilih Types. Kosongkan kotak di samping Enable Autoplay for removable drives, lalu klik Apply. Kalau mau Anda bisa juga menonaktifkan pilihan Enable Autoplay for CD and DVD drives.

4. TAMPILKAN SEMUA EKSTENSI FILE WINDOWS, termasuk file system windows. Caranya : Di windows explorer buka menu Tools > Folder Options… kemudian pilih tab view Kemudian pilih (aktifkan) opsi “show hidden files and folder”, hilangkan check pada pilihan “Hide extensions for known file types” juga hilangkan tanda check pada “Hide protected operating system files (Recommended)”. Ini kegunaannya agar memudahkan kita untuk melihat extensi dari file yang akan kita buka. Ini SANGAT PENTING : sebelum menjalankan sebuah file, jangan hanya melihat icon-nya, tapi melihat ekstensinya. Misalnya file itu dengan icon ms word, excel, gambar, mp3 dsb tetapi kok berekstensi .exe, .scr, .vbs, .bat atau tidak sesuai dengan iconnya, harap diwaspadai dan mending di hapus aja, karena insya Allah itu berarti virus. JANGAN DI EKSEKUSI (DI BUKA).

5. Gunakan tools / program task manager dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan untuk melihat file/program apa saja yang berjalan ketika windows diaktifkan. Jika ada program yang aneh segera matikan prosesnya atau tanyakan kepada orang yang lebih tahu, karena bisa jadi itu virus. untuk melihat proses apa saja sedang berjalan dalam computer anda, anda bisa juga menggunakan software Process Explorer(unduh saja di http://download.cnet.com/Process-Explorer/3000-2094_4-10223605.html).

6. Jika Anda ingin mengamankan file sistem Anda,bisa juga menggunakan DeepFreeze. Program ini berlisensi. Namun sangat bagus sekali. Program ini ketika dalam posisi 'beku' membekukan file Anda sehingga ketika ada file ataukah setingan yang dilakukan pada mode ini, akan dikembalikan seperti semula setelah restart. PEMBEKUAN FILE SISTEM HARUS DILAKUKAN PADA KOMPUTER YANG KONDISINYA SUDAH FIT, SEHINGGA TIDAK ADA VIRUS YANG IKUT DIBEKUKAN. Oia jika kita memang menggunakan DeepFreeze, simpan file-file anda di drive yang berbeda dengan drive system. Dan ketika anda ingin menginstall software baru, non aktifkan dahulu DeepFreeze anda.

7. MATIKAN FASILITAS SYSTEM RESTORE, Fasilitas ini pada Windows berguna untuk mengembalikan konfigurasi sistem ke konfigurasi sebelumnya. Agar sistem yang telah pulih tidak kembali rusak, matikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Lalu pilih tab System Restore dan centang bagian Turn off System Restore on All Drive. Walaupun sebenarnya ada kegunaanya(insya Allah akan di bahas di notes lain waktu), tetapi lebih baik di matikan. Lagi pula di beberapa artikel yang saya baca, dengan mematikan system restore proses pc kita bisa sedikit lebih cepat.

8. SELALU UPDATE ANTIVIRUS ANDA!, langkah ini adalah langkah paten yang tidak boleh di lupakan. Anda bisa mendownload program antivirus gratis seperti free AVG / AVIRA/ Anti virus Made In Indonesia PCMAV yang tidak kalah dengan aplikasianti virus lain. Jangan lupa Sebaik apapun antivirus yang kita gunakan + Update terbaru pun tidak menjamin komputer bebas dari virus, karena virus selalu berkembang dan update anti virus [sebagian besar] hanya mengikuti perkembangan virus itu sendiri ( jadi ketika virus sudah menyebar, kemungkinan anti virus bisa mendeteksi baru beberapa hari kemudian ). Tetapi Komputer tanpa anti virus jauh lebih rentan untuk terkena virus.

9. LANGKAH PALING AMAN 1, Jangan hubungkan pc/laptop kita dengan dunia luar(disket-kalo masih ada, hehe-, FD, ato cd). Jangan hubungkan pula dengan internet/ jaringan, termasuk sharing folder atau document. Termasuk pada golongan ini data yang di-burn dan memasukkan data via media lain seperti bluetooth, infra red atau yang lain. Dijamin aman... tapi tersiksa hehehehe

10. LANGKAH PALING AMAN 2. Pakai Linux. Dijamin Aman juga deh .. Tapi tidak tersiksa... karena virus rata2 buat windows. –saya belum pernah denger temen yang make linux kena virus-

Langkah – langkah di atas, jika di terapkan insya Allah bisa bermanfaat untuk mencegah pc/laptop kita dari serangan virus. Karena sebelumnya sudah saya buktikan sendiri. Insya Allah di lain waktu lanjut lagi ttg bagaimana mengembalikan file-file yang sudah terlanjur terinfeksi, dan terhapus, juga bagaimana tips mengembalikan system yang rusak tanpa harus menginstall ulang. Oia, jika ada salah mohon maaf, dan mohon di luruskan. Saya bukan pakar, hanya pengguna pc dan laptop yang mencoba berbagi pengalaman tentang virus. Jadi tips-tips yang saya berikan ini sangat mungkin sekali untuk salah dalam konsepnya. SELAMAT MENCOBA!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar